Langsung ke konten utama

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi


Kemangi

Siapa sih yang nggak tau tanaman yang satu ini kadang kita juga membudidayakannya ya disekitar rumah, bisa buat hiasan juga jadi lebih hijau. Taukah kalian tanaman ini mempuyai banyak manfaat salah satunya nih menghilangkan bau badan, saat ini saya mau membahas beberapa manfaat dari tumbuhan kemangi.

Mengutip dari wikipedia.com ,kemangi adalah terna kecil yang daunnya bisa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya yang khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu untuk Membuat Pepes


Kemangi itu mempunyai nama ilmiah "Ocimum XCitriodorum"  yang merupakan hibrida antara dua spesies  selasih, Ocimum basilicum  dan O.americanum ia juga dikenal sebagai O.Basilicum Var.Anisatum benth.

Tumbuhan ini dapat tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Kemangi berkembangbiak dengan biji. Bijinya kecil dan hitam saat sudah tua. Kalau saya menyebutnya selasih,  biasa dimanfaatkan menjadi tambahan es campur atau es buah yang sangat bermanfaat untuk meredakan panas dalam loh!

 Mau masak kemanginya difoto dulu



Kandungan Daun Kemangi

Dilansir dari organisasi.org ,ternyata kemangi mengandung energi sebesar 43kkl, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi.
Selain itu, kemangi juga banyak mengandung Flavonoid Polivenol seperti Orientin dan Vicenin. Dan juga memiliki senyawa minyak esensial seperti eugenol, sitrenelol, linelool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui  memiliki sifat anti inflamasi dan anti-bakteri.

Manfaat Daun Kemangi

=> Daun kemangi  tinggi  akan  Betakaroten, vitamin A ,Crytoxanthin, Lutein, Zeaxantin. Senyawa ini berfungsi dalam melindungi tubuh  terhadap radikal bebas.

=> Meningkatkan kekebalan tubuh
  Karena kemangi mengandung betakaroten yang dapat meningkatkan antibodi dan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

=> Mengatasi Kanker.
Mengkonsumsi daun kemangi  dapat meningkatkan aktifitas antioksidan untuk menghentikan tumor kanker menyebar. Serta melindungi jaringan normal  dan sel-sel dari efek negatif pengobatan kanker seperti radiasi dan kemoterapi.

=> Melancarkan aliran darah
Karena kemangi mengandung magnesium sehingga kemangi jika dikonsumsi bermanfaat untuk membantu pembulu darah dan jantung rileks. Sehingga aliran darah dalam tubuh lancar.

=> Mencegah kemandulan
 Kandungan zat Ariginin yang bermanfaat membuat daya hidup sperma lebih lama dan semakin kuat sehingga dapat mencapai sel telur dan membuahinya. Kandungan senyawa Anatenol  dan boron pada kemangi sangat baik untuk merangsang hormon estrogen sehingga sistem reproduksi wanita menjadi lebih baik.

=> Mengobati Sariawan
Penyebab sariawan biasanya karena adanya luka dalam mulut karena tergigit atau sebagainya, dan juga karena kurangnya asupan nutrisi seperti zat besi, vitamin b12, vitamin c.

=> Membantu perkembangan tulang

Kandungan kalium dan fosfor yang terdapat dalam kemangi berperan dalam pembentukan dan perkembangan tulang dan mencegah tulang keropos. 


Itulah beberapa mamfaat daun kemangi, sekalipun banyak manfaatnya saya selalu ngingetin nih bijak lah dalam mengkonsumsi segala sesuatu karena yang berlebihan itu pasti tidak baik.







Komentar

Kamu akan suka ini.

Manfaat Daun Katuk Sebagai Pelancar Asi dan Dampak Negatifnya

Daun katuk mempunyai nama ilmiah "Sauropus Androgynus",    merupakan tanaman sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara, tanaman yang banyak kita jumpai di pekarangan rumah kita ini di percaya dapat meningkatkan produktifitas asi loh! Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI tahun 2004 yang menunjukan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3x 200mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi asi dibandingkan dengan ibu menyusui dengan tidak diberi ekstrak daun katuk. Penelitian ini dilakukan oleh 96 ibu menyusui yang dibagi kedalam dua kelompok, dan kelompok ibu menyusui yang diberi ekstrak daun katuk  dapat memproduksi asi 50,7% lebih banyak dibandingkan yang tidak diberi ekstrak daun katuk. Daun katuk mengandung Karbohidrat, protein, vitamin(A, B1,C) thianin, mineral(kalsium,fosfor dan zat besi), tanin havonoid, saponin, alkaloid  papaverin, steroi

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang sangat mudah kita jumpai di sekitar kita ya,  karena memang buah ini sangat mudah untuk ditanam. Pohon pisang sering juga pohon seribu guna karena dari batang daun dan buahnya dapat dimanfaatkan. Menurut wikipedia  pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya( Musa Acuminata, Musa Babisiana, Musa xparadisiaca). Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupaka sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutama kalium. Pusat keragaman utama pisang terletak disaerah MALESIA (A sia tenggara, Papua, dan Australia tropika). Pusat keberagaman minoritas juga terdapat di Afrika tropis. Tanaman ini menyukai iklim tropis panas dan lembab terutama datar