Langsung ke konten utama

Kandungan dan Manfaat Lemon

Berawal dari sering baca artikel tentang  Lemon yang katanya bisa membantu menurunkan berat badan jadi saya ikut-ikutan nih nyobain tiap hari bikin minuman lemon hangat efeknya beneran saya rasa pencernaan jadi lebih lancar.

Mengutip dari wikipedia.org nih,  Lemon atau Sitrun itu berasal dari bahasa Belanda yaitu Citroen adalah jenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.
Lemon atau jeruk sitrun itu banyak dibudidayakan didaerah Spanyol, Portugal,Argentina, Brazil,  Amerika serikat dan negara-negara disekitar laut tengah.
Karena Lemon lebih menyukai daerah dengan iklim kering serta musim dinginnya relatif lebih hangat,  suhu ideal buat tanaman lemon tumbuh itu sekitar 15°-30°C atau (60°-85° f)

Kandungan Lemon

Seperti jeruk-jeruk yang lain yah jeruk Lemon mengandung vitamin C yang tinggi,  bukan hanya itu lemon juga mengandung vitamin A,  vitamin B dan B2. Dan juga mengandung senyawa seperti limonene,  asetat,  pektin, bioflavonoid geraniol, alpha-pinene, alpha-terpinene.
Serta mengandung mineral yaitu fosfor,  protein, serat, lemak,  karbohidrat, kalsium, dan zat besi.


Manfaat Lemon

1.Menjaga kesehatan pencernaan

Ternyata air lemon dapat meningkatkan kerja otot usus loh,  sehingga menjadikannya bergerak lancar dan juga teratur , karena keberadaan kotoran yang menumpuk dalam usus itu sangat berbahaya,  dan juga dapat menimbulkan mual, perut kembuh bahkan bisa sampai muntah dan juga diare. Dengan mengkonsumsi air lemon hangat yang dicampur madu  pada pagi hari dapat melancarkan pencernaan membersihkam kotoran yang menumpuk dan membuang racun dalam tubuh. 

2. Mengatasi Masalah Rambut

Masalah rambut yang paling klasik dan kebanyakan orang mengalaminya adalah ketombe,  parahnya karena ketombe kulit kepala jadi gatal dan rambut jadi tak sehat akhirnya rontok karena tercabut,  ngeri banget. Ternyata air lemon bisa loh menghilangkan ketombe,  caranya perasan air lemon digunakan untuk masker rambut sebelum keramas. Diamkan selama 5-10 menit ,setiap dua kali seminggu yah,  setelah didiamkan maka bersihkan rambut dengan air lalu keramas. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon sangat berguna melawan virus, jamur dan juga parasit.
Bioflavonoid dan Vitamin C ternyata juga sangat berguna untuk menghindarkan tubuh dari sakit flu dan juga pilek serta dapat mengencerkan dahak. 
Caranya dengan mencampurkan lemon yang sudah diiris tipis dengan air hangat dan juga madu,  campuran ini sangat berkhasiat meningkatkan zat besi yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. 

4. Mencegah Kanker
Dewasa ini penyakit kanker menjadi momok yang sangat menakutkan bagi semua orang, makan makanan cepat saji dan tidak sehat menjadi pemicu munculnya penyakit mematikan ini. Kabar baiknya ternyata dalam lemon terdapat sekitar 22 kandungan zat anti kanker,  salah satunya adalah kandungan senyawa limonoid yang terbukti membantu melawan kanker. 

5. Mempercantik kulit dan awet muda

Menggunakn lemon sebagai masker sangat berguna untuk kulit terutama pada wajah, tingginya anti oksidan dalam lemon membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas serta mendorong pertumbuhan sel-sel darah baru dan memurnikan darah.

Manfaat lemon untuk wajah

Antara lain:

  • mengatasi jerawat
  • mengatasi kulit berminyak
  • Menghilangkan komedo
  • mengecilkan pori-pori.      

      
 Dengan mencampurkan air perasan lemon dengan madu lalu oleskan sebagai masker kebagian kulit wajah,  diamkan selama 15 menit hindarkan dari mata yah, sebelum melakukan ini hendaknya wajah telah di bersihkan dahulu, bisa dilakukan seminggu sekali.

6. Mencegah bau mulut

Mengkonsumsi air lemon dan madu bukan hanya membantu kita mengobati penyakit tertentu saja tapi juga kita bisa memperoleh manfaat yang lain seperti, kita akan terhindar dari bau mulut,  karena air lemon dapat merangsang produkai air liur yang akan menghancurkan bakteri penyebab bau dalam mulut.

7. Menurunkan Berat Badan 
Kandungan serat pektin dalam lemon membuat tidak mudah lapar sehingga mencegah makan berlebih.
Air lemon adalah obat pencahar alami sehingga pencernaan lancar dan mencegah penyerapan lemak berlebih dan mendorong gerak usus sehat, dan juga  vitamin c yang tinggi dalam lemon memicu reaksi biokimia yang mampu mengurangi lemak dalam tubuh.

Kita bisa mencampurkan irisan lemon dengan air hangat kemudian ditambah dengan madu agar tidak asam,  ingat jangan gula ya,  tapi madu atau bisa juga irisan lemon ditambah daun mint dimasukan dalam botol isi air,  kemudian simpan dalam kulkas.
Tinggalkan minuman bersoda, beralihlah ke lemon agar tubuh bisa lebih sehat.



Sebaiknya untuk mengkonsumsi lemon dengan kulitnya, karena kandungan air nya saja belum cukup. 
Sebelum dikonsumsi beserta kulitnya sebaiknya lemon sudah dicuci bersih agar sisa pestisida pada kulit lemon hilang. 

Saat membuat air lemon dan madu hendaklah iris tipis lemon yang sudah dicuci bersih lalu kemudian rendam dalam air, yang demikian ini dapat meningkatkan senyawa flavonoid. 


Mengkonsumsi lemon dengan madu disarankan jangan menambahkan madu  dengan air panas,  karena dalam madu terkandung enzim yang akan mengeluarkan hydroxymethylfurfural yaitu semacam kandungan gula utama dalam madu yang terbentuk sangat cepat bila dipanaskan, sehingga kalau terkena air dengan suhu tinggi nutrisi dalam madu akan hancur.

Selain itu, mengkonsumsi air lemon juga berdampak merusak email gigi jadi disarankan untuk menggosok gigi setelah meminum air lemon. 







Komentar

Kamu akan suka ini.

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi Kemangi Siapa sih yang nggak tau tanaman yang satu ini kadang kita juga membudidayakannya ya disekitar rumah, bisa buat hiasan juga jadi lebih hijau. Taukah kalian tanaman ini mempuyai banyak manfaat salah satunya nih menghilangkan bau badan, saat ini saya mau membahas beberapa manfaat dari tumbuhan kemangi. Mengutip dari wikipedia.com ,kemangi adalah terna kecil yang daunnya bisa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya yang khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu untuk  Membuat Pepes Kemangi itu mempunyai nama ilmiah "Ocimum XCitriodorum"   yang merupakan hibrida antara dua spesies  selasih, Ocimum basilicum  dan O.americanum  ia juga dikenal sebagai O.Basilicum Var.Anisatum benth. Tumbuhan ini dapat tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Kemangi berkembangbiak dengan biji. Bijinya kecil dan hitam saat sudah tua. Kalau saya menyebutnya selasih,  biasa dimanf

Manfaat Daun Katuk Sebagai Pelancar Asi dan Dampak Negatifnya

Daun katuk mempunyai nama ilmiah "Sauropus Androgynus",    merupakan tanaman sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara, tanaman yang banyak kita jumpai di pekarangan rumah kita ini di percaya dapat meningkatkan produktifitas asi loh! Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI tahun 2004 yang menunjukan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3x 200mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi asi dibandingkan dengan ibu menyusui dengan tidak diberi ekstrak daun katuk. Penelitian ini dilakukan oleh 96 ibu menyusui yang dibagi kedalam dua kelompok, dan kelompok ibu menyusui yang diberi ekstrak daun katuk  dapat memproduksi asi 50,7% lebih banyak dibandingkan yang tidak diberi ekstrak daun katuk. Daun katuk mengandung Karbohidrat, protein, vitamin(A, B1,C) thianin, mineral(kalsium,fosfor dan zat besi), tanin havonoid, saponin, alkaloid  papaverin, steroi

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang sangat mudah kita jumpai di sekitar kita ya,  karena memang buah ini sangat mudah untuk ditanam. Pohon pisang sering juga pohon seribu guna karena dari batang daun dan buahnya dapat dimanfaatkan. Menurut wikipedia  pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya( Musa Acuminata, Musa Babisiana, Musa xparadisiaca). Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupaka sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutama kalium. Pusat keragaman utama pisang terletak disaerah MALESIA (A sia tenggara, Papua, dan Australia tropika). Pusat keberagaman minoritas juga terdapat di Afrika tropis. Tanaman ini menyukai iklim tropis panas dan lembab terutama datar