Langsung ke konten utama

Mengenal Berbagai Jenis Buah Naga

Buah naga, siapa sih yang ngga tau buah dari tanaman sejenis kaktus ini, kita juga sudah sering sekali yah menemui buah yang satu ini dipasaran beberapa tahun belakangan karena sangat mudah membudidayakannya.
 Buah naga (inggris:pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus da Selenicereus buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan.

Namun sekarang dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Filipina, Vietnam, Indonesia, Malaysia buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara, Tiongkok selatan.
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Prancis dari Guyana ke Vietnam dan Orang Cina menganggap buah ini membawa berkah. Oleh sebab itu buah ini selalu diletakan diantara dua ekor patung naga berwarna hijau diatas meja altar. Dari kebiasaan inilah buah ini dikalangan orang Vietnam yang terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai Thang Loy(buah naga) istilah Thang loy kemudian di terjemahkan di Eropa dan negara lain berbahasa inggris sebagai dragon fruit (buah naga)
Jenis-jenis Buah Naga
1.Buah Naga Putih
Buah naga putih atau nama ilmiahnya Hylocereus Udanus ini berkulit merah dengan daging buah berwarna putih jika diperhatikan buah naga putih bentuknya lebih lonjong dari buah naga merah. Buah ini didistribusikan secara luas melalui daerah tropis dalam budidaya yang berasal dari Amerika, namun asal usul yang tepat dari tanaman ini tidak pasti dan mungkin hibrida. Batang buah naga berjenis scandent (climbing habit) merayap, melebar atau memanjat. Bunganya nokturnal atau mekar dimalam hari dengan panjang 25-30 cm lebar 15-17 cm.

Mempunyai aroma khas buah yang tidak dimiliki buah naga lainnya. Berdasarkan intensitasnya dimulai dari green leafy, floral ,dan fatty green. Karena buah naga putih mengandung karakteristik aroma sweet yang menonjol sedangkan buah naga merah lebih menonjol aroma fruity. Buah naga putih juga mempunyai kandungan asam yang tinggi atau vitamin c dari jenis buah naga yang lainnya.

2. Buah Naga Merah
Dengan nama ilmiah Hylocereus polyrhizus buah naga mempunyai kemiripan kulit dengan saudaranya buah naga putih hanya saja buah naga merah dengan kulit berwarna merah terang mempunyai daging buah juga berwarna merah dan dengan bentuk yang sedikit lebih bulat dari pada yang berwarna putih.

Dalam kondisi tertentu buah ini akan menjadi berwarna lebih pekat (Dragon Fruit superred) buah naga ini merupakan akar dari buah naga hitam atau black dragon fruit. Warna merahnya menandakan buah ini kaya akan antioksidan yang sangat baik bagi kita, selain itu buah naga merah juga mengandung betakaroten, gula, vitamin B1 B2 ,Vitamin A dan Vitamin C. Bermanfaat untuk membantu program diet, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata serta mampu menurunkan gula darah dan mencegah diabetes (manfaat.co)

3. Buah Naga Kuning
Jenis buah naga yang satu ini memang masih asing di Indonesia ,buah dengan kulit berwarna kuning ini mempunyai nama ilmiah Selenicereus Megalatus meskipun kulitnya berwarna kuning daging buah nya berwarna putih seperti buah naga putih dengan biji hitam kecil didalamnya.
Dengan ukuran yang lebih kecil dibanding jenis buah naga lainnya, buah naga kuning mempunyai keunggulan seperti rasanya yang lebih manis karena banyak mengandung sukrosa dan fruktosa serta cenderung berair jadi sangat menyegarkan. Buah ini di banderol dengan harga yang cukup mahal berkali-kali lipat dari buah naga lainnya yaitu Rp. 200.000,- sampai Rp. 300.000,- per kilogramnya mahal yah?

Pohon buah naga kuning mempunyai ukuran yang lebih pendek dan lebih cocok tumbuh di pegunungan dengan udara yang sejuk berbeda dengan buah naga putih dan merah yang cocok dibudidayakan di dataran rendah dengan suhu yang panas. Buah naga kuning juga berbuah lebih lama dari pada buah naga merah dan putih.

4.Buah Naga Hitam
Buah naga hitam sebenarnya merupakan hasil hibrida buah naga superred, warna buahnya hitam pekat karena berasal dari pupuk "black natural" komposisi pupuk ini antara lain kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok atau cengkok cengkeh, ampas jamu atau abu sekam. Campuran semua bahan pupuk ini mempunyau efek Farmakologis meningkatkan kaddungan betakaroten pada buah sehingga daging buah berwarna lebih pekat.

buah naga hitam

Orang yang pertama menghadirkan buah naga jenis ini adalah Prof.Dr.Ir.AP Kusumaningrat pertama dikembangkan di Kediri. Buah naga hitam mempunyai kualitas yang lebih unggul, rasanyapun lebih manis dan mempunyai daya simpan yang lebih lama.
Kandungan Buah Naga
Secara garis besar buah naga mengandung berbagai nutrisi seperti mineral, serat, protein, fosfor, magnesium, kalsium,vitamin C, zat besi dan masih banyak lagi.
Dalam 100gram buah naga memiliki kandungan sebagai berikut:
Air sebanyak 87 gram

Thiamine / Vitamin B1 sebanyak 0,44mg

Niasin atau Vitamin B3 0,16gram

Ribofalvin/Vitamin B12 sebanyak 0,05mg

Asam askrobat /vitamin C sebanyak 9,4mg

Protein 1,1gram

Serat 0,71gram

Kalsium 134,5mg

Karbohidrat 87mg

Zat besi 0,65gram.

Komentar

Kamu akan suka ini.

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi Kemangi Siapa sih yang nggak tau tanaman yang satu ini kadang kita juga membudidayakannya ya disekitar rumah, bisa buat hiasan juga jadi lebih hijau. Taukah kalian tanaman ini mempuyai banyak manfaat salah satunya nih menghilangkan bau badan, saat ini saya mau membahas beberapa manfaat dari tumbuhan kemangi. Mengutip dari wikipedia.com ,kemangi adalah terna kecil yang daunnya bisa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya yang khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu untuk  Membuat Pepes Kemangi itu mempunyai nama ilmiah "Ocimum XCitriodorum"   yang merupakan hibrida antara dua spesies  selasih, Ocimum basilicum  dan O.americanum  ia juga dikenal sebagai O.Basilicum Var.Anisatum benth. Tumbuhan ini dapat tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Kemangi berkembangbiak dengan biji. Bijinya kecil dan hitam saat sudah tua. Kalau saya menyebutnya selasih,  biasa dimanf

Manfaat Daun Katuk Sebagai Pelancar Asi dan Dampak Negatifnya

Daun katuk mempunyai nama ilmiah "Sauropus Androgynus",    merupakan tanaman sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara, tanaman yang banyak kita jumpai di pekarangan rumah kita ini di percaya dapat meningkatkan produktifitas asi loh! Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI tahun 2004 yang menunjukan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3x 200mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi asi dibandingkan dengan ibu menyusui dengan tidak diberi ekstrak daun katuk. Penelitian ini dilakukan oleh 96 ibu menyusui yang dibagi kedalam dua kelompok, dan kelompok ibu menyusui yang diberi ekstrak daun katuk  dapat memproduksi asi 50,7% lebih banyak dibandingkan yang tidak diberi ekstrak daun katuk. Daun katuk mengandung Karbohidrat, protein, vitamin(A, B1,C) thianin, mineral(kalsium,fosfor dan zat besi), tanin havonoid, saponin, alkaloid  papaverin, steroi

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang sangat mudah kita jumpai di sekitar kita ya,  karena memang buah ini sangat mudah untuk ditanam. Pohon pisang sering juga pohon seribu guna karena dari batang daun dan buahnya dapat dimanfaatkan. Menurut wikipedia  pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya( Musa Acuminata, Musa Babisiana, Musa xparadisiaca). Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupaka sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutama kalium. Pusat keragaman utama pisang terletak disaerah MALESIA (A sia tenggara, Papua, dan Australia tropika). Pusat keberagaman minoritas juga terdapat di Afrika tropis. Tanaman ini menyukai iklim tropis panas dan lembab terutama datar