Langsung ke konten utama

Rambut Ku Depresiku

Merdeka.com
Aku Benci Rambutku
Hei,  kenapa aku bilang begitu? 
Membenci rambutku sendiri! Bukannya itu pemberian Tuhan? 
Sungguh!  Aku tak tau bersyukur! 


Tidak,  itu memang benar. Waktu aku masih kecil aku sangat tidak suka dengan rambutku sendiri. Ya, mungkin karena punyaku tidak seindah punya orang lain. Begitulah hidup selalu saja melihat milik orang lain lebih bagus dari yang kita miliki sehingga membuat kita lupa untuk banyak bersyukur.
Hei, aku punya rambut yang sedikit keriting dan susah diatur,  sedangkan dimataku rambut lurus panjang itu terlihat keren dan indah tentunya.

Kau tau karena rambutku aku begitu malu menatap cermin,  bayangkan saja ada rambut yang keriting di kanan dan kiri poniku seolah kayak jambul burung hantu, taukan yang nampak kaya telinga pada burung hantu nah aku alami itu. 


Sejak kecil aku tak suka rambut pendek sekalipun dulu aku berkutu (ah itu sungguh memalukan) dan ibuku selalu ingin memotong rambutku. Satu hal yang paling aku lebih tidak suka soal rambut adalah Perintah Memotong Rambut,  ah entah mengapa kata-kata semua orang selalu memuakan kalau sudah mengomentari rambutku dan kemudian menyuruh ku memotongnya.

Kenapa aku benci? Ya karena ini rambutku

Hingga saat aku dewasa aku sangat tidak suka potong rambut tapi aku suka memotong rambutku sendiri. Aku tidak mau ada orang yang memotong rambutku.

Mungkin itu sebabnya gaya rambutku urakan dan acak-acakan. Ya karena itulah aku,  ini rambutku fan begitulah gayaku.


Aku sampai tak peduli jika ada yang menghina gaya rambutku karena rasa benciku tidak lebih besar dari rasa cintaku

Kau tau,  betapa kita bebas bereksperimen dengan rambut kita sendiri.

Rambutku panjang dan tidak lurus dan lagi tidak lembut dan mudah kusut bahkan berantakan.


Kau bisa melihatku berambut pendek dari depan dan panjang di sisi belakang.

Aku suka rambutku ya tentu saja,  bahkan selama 24 tahun usia ku bisa dihitung dengan jari kapan rambutku dipotong oleh orang lain. 


Benar,  aku tidak suka rambutku di potong oleh orang lain karena sering kali tak sesuai dengan apa yang kumau,  terlebih jika yang motong adalah ibuku. Terlalu lurus, ya lurus harus rapih maksudnya. 

Bahkan kalau aku tidak salah ingat baru sekali aku memotong rambutku di salon menajubkan bukan? Antara kere sama tidak suka ya beda dikit lah.


Sebentar,  apa yang salah dengan semua itu?  Inikan rambutku? 


Aku mau potong model apa ya terserah aku? Jika itu membuat aku percaya diri kenapa tidak! Sekalipun dimata orang lain rambutku aneh potongan nya aneh dan penuh dengan keanehanya aku tetap tidak peduli.

Alasan Aku Potong Rambut

Aku suka rambut panjang, sangat suka. Tapi suatu ketika akupun memotongnya. Aku tak suka rambut pendek, tapi aku suka memotong rambutku pada keadaan tertentu. Dimana hatiku merasa tak bisa lagi menahan beban yang ada dipikiranku. Depresi mungkin itu kata yang tepatenggambarkan keadaanku saat itu. Kenapa aku punya rambut panjang dan pendek acak-acakan tidak teratur. Bukan karena Fasion, Buka itu Salah. Itu memang mauku dan itu membuatku lebih merasa nyaman dengan hatiku.

Massa remaja memang masa yang paling sulit mengendalikan emosi dan aku adalah orang yang tak pandai menahan emosi tapi juga tak pandai ekspresikan emosi itu sendiri.

Aku dari keluarga yang harmonis,  saudara yang saling menyayangi dan teman-teman yang baik. Jadi apa yang membuatku depresi?

Aku tak pandai mengungkapkan sesuatu,  bahakn kepada teman terdekat ku. Bahkan saat aku menyukai seseorang,  aku terlalu menamakan itu cinta, aku terlalu terobsesi tapi aku tak dapat memiliki serta terlalu merendahkan diriku sendiri.

Aku depresi, tapi aku lupa secara khusus penyebabnya. Yang aku ingat aku merasakan hatiku begitu buruk, ada sebuah gejolak yang besar dalam dadaku tapi aku tak dapat menekspresikannya. Dan tidak ada yang dapat aku lakukan.

Kenapa memotong rambut? Karena aku takut semakin sakit saat aku menyakiti tubuhku secara fisik. Tapi bukan berarti aku tak pernah melakukannya.
Bukan hanya itu,  aku juga pernah mengurung diriku di kamar mandi sambil menguyur kepalaku dengan air, dengan terus menangis.

Sakit, entah sakit apa yang aku rasakan kala itu tapi qku hanya ingat apa yang aku lakukan bukan apa yang menyebabkan.

Sekarang..........

Aku masih melakukan potong rambut acak-acakan untuk mengurangi beban berat yang tak aku ungkapkan. Kalau hanya menangis rasanya aku semakin bosan, hampir setiap malam aku melakukannya. Tapi saat aku memotong rambutku, aku seperti membuang sedikit demi sedikit sebuah rasa sakit.. .

Komentar

Kamu akan suka ini.

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi Kemangi Siapa sih yang nggak tau tanaman yang satu ini kadang kita juga membudidayakannya ya disekitar rumah, bisa buat hiasan juga jadi lebih hijau. Taukah kalian tanaman ini mempuyai banyak manfaat salah satunya nih menghilangkan bau badan, saat ini saya mau membahas beberapa manfaat dari tumbuhan kemangi. Mengutip dari wikipedia.com ,kemangi adalah terna kecil yang daunnya bisa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya yang khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu untuk  Membuat Pepes Kemangi itu mempunyai nama ilmiah "Ocimum XCitriodorum"   yang merupakan hibrida antara dua spesies  selasih, Ocimum basilicum  dan O.americanum  ia juga dikenal sebagai O.Basilicum Var.Anisatum benth. Tumbuhan ini dapat tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Kemangi berkembangbiak dengan biji. Bijinya kecil dan hitam saat sudah tua. Kalau saya menyebutnya selasih,  biasa dimanf

Manfaat Daun Katuk Sebagai Pelancar Asi dan Dampak Negatifnya

Daun katuk mempunyai nama ilmiah "Sauropus Androgynus",    merupakan tanaman sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara, tanaman yang banyak kita jumpai di pekarangan rumah kita ini di percaya dapat meningkatkan produktifitas asi loh! Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI tahun 2004 yang menunjukan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3x 200mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi asi dibandingkan dengan ibu menyusui dengan tidak diberi ekstrak daun katuk. Penelitian ini dilakukan oleh 96 ibu menyusui yang dibagi kedalam dua kelompok, dan kelompok ibu menyusui yang diberi ekstrak daun katuk  dapat memproduksi asi 50,7% lebih banyak dibandingkan yang tidak diberi ekstrak daun katuk. Daun katuk mengandung Karbohidrat, protein, vitamin(A, B1,C) thianin, mineral(kalsium,fosfor dan zat besi), tanin havonoid, saponin, alkaloid  papaverin, steroi

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang sangat mudah kita jumpai di sekitar kita ya,  karena memang buah ini sangat mudah untuk ditanam. Pohon pisang sering juga pohon seribu guna karena dari batang daun dan buahnya dapat dimanfaatkan. Menurut wikipedia  pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya( Musa Acuminata, Musa Babisiana, Musa xparadisiaca). Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupaka sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutama kalium. Pusat keragaman utama pisang terletak disaerah MALESIA (A sia tenggara, Papua, dan Australia tropika). Pusat keberagaman minoritas juga terdapat di Afrika tropis. Tanaman ini menyukai iklim tropis panas dan lembab terutama datar