Langsung ke konten utama

Sisi Lain Hatiku

Ma,  saat ini aku berkhayal ada di pangkuan mu.
Aku bercerita tentang keluh kesahku selama ini, aku anakmu tapi aku tak seperti mu. Aku merasa tak mirip denganmu.
Kau begitu tegar dan kuat,  kesabaran mu tak dapat aku takar betapa besar dan luas.
Aku ingin menangis tapi aku tak sanggup melihat mu menatapku yang bersedih.

Pinterest.com

Kau tau mama? Aku selalu menasehati diriku sendiri kalau semua akan baik-baik saja dan segera berlalu. Itu satu-satunya kata yang membuatku merasa bodoh dan acuh dengan keadaan.
Ma kapan aku menangis?
Aku bahkan tak ingin ingat, aku harap itu sudah lama,  sekalipun kenyataannya adalah baru saja air mataku menetes.
Apakah aku bisa sekuat engkau? Menjalani kenyataan hidup ini yang bagiku sulit aku cerna dengan akalku? Aku terlalu banyak bermimpi. Aku tau itu, aku harus berjalan dalam kenyataan yang aku sadari tak seindah bayanganku.
Tapi aku bahagia ada engkau yang selalu memberi cinta,  dan juga dia yang selau menjadi sandaranku saat aku tak mampu bersuara kepadamu.
Kau begitu hebat, bahkan saat aku tak pernah bercerita tapi kau tau rapuhnya aku.
Aku selalu bicara dengan mu berjam-jam tapi aku tak pernah bicara serius denganmu,  yang keluar dari mulutku hanya tawa, dan pertanyaan-pertanyaan yang sesungguhnya tak begitu penting. Karena aku tidak pernah bisa menahan air mataku saat berhubungan dengan mu mama.

Bagiku kau segalanya tapi aku bahkan tak pernah sanggup bilang Aku Menyayangi mu atau sekedar kata Aku rindu mama.

 Aku tau aku begitu payah.

Yang aku lakukan hanya terus bicara, karena aku tau saat aku belum dapat bicara dulu engkau yang paling sering mengajakku bicara. Engkau yang mengajariku kata perkata.

Mama,

Engkau tau?
Aku juga ingin seperti mu!
Menikah punya anak dan keluarga yang bahagia.
Aku bahagia kok ma!

Tapi alangkah bahagia lagi kalau aku punya anak.  Rumah kita pasti akan ramai lagi, paling tidak aku bisa sedikit sepertimu. Menjadi seorang ibu adalah impian ku ma,  impian ku sejak lama.

Bahkan sebelum aku mengenal suamiku aku selalu berkhayal, bisa seperti dirimu. 
Maafkan aku menangis,  maafkan aku tak dapat menahan laju air mengalir di pipiku.

Aku selalu membayangkan bagaimana rasanya tau aku Hamil? Bagaimana rasanya Hamil itu, dan melahirkan serta merawat anak?
Aku tau itu merepotkan,  tapi aku yakin itu menyenangkan dan menajubkan.

Setiap perempuan sudah dibekali perasaan menyayangi dan mengasihi, selayaknya seorang ibu. Aku selalu yakin kalau aku pasti bisa, ditambah lagi ada engkau mama,  kau panutan ku.
Setiap hari aku lalui dengan penuh harap, dan kecemasan. Itu membuat ku tak menikmati tiap detik yang telah tuhan anugerahkan kepadaku.


Aku berusaha keras berpaling. Berpaling menatap masa depan tanpa menagisi apa yang belum aku dapatkan. Tapi dalam hati ku terdalam aku selalu bicara pada diriku kalau aku harus yakin apa yang aku impikan akan terwujud walalu hanya dengan sebait doa yang tak lupa aku ucapkan.

Suatu hari aku yang jauh dari pandanganmu mama,  ingin sekali pulang dan merasakan kehangatan rumah kita. Tapi disaat yang bersamaan muncul rasa takut yang begitu menghantui pikiranku.
Mama,  aku takut pulang.
Aku malu.
Aku belum dapat membahagiakan mu. Bahkan aku belum bisa membuatmu menggendong cucu dariku.

Mengapa aku begitu payah Mama ?

Apa aku yang telalu takut menghadapi masa depan? Aku bukan lagi remaja yang labil bukan? Tapi kenapa aku bahkan tak sanggup mengendalikan diriku sendiri agar tidak lagi menangis tengah malam.

Engkau begitu berharga untukku mama. Apa jadinya aku tanpa mu!? Sanggupkah aku lalui hari-hariku jika tugasmu telah usai terhadapku dan tuhan memanggilmu?

Apa aku bisa berdiri dengan kaki ku sendiri dan makan dengan tanganku sendiri?

Masa depan begitu penuh rahasia. Semuanya bahkan tak dapat aku bayangkan karena terlalu sulit aku cerna di pikiran ku.

Ada banyak mata yang melihatku, ada banyak mulut yang membicarakanku, dan aku tak akan sanggup menutup mulut mereka satu demi satu. Tapi aku pasti bisa menutup mataku dan menutup kedua telingaku, tapi suara-suara itu masih saja aku dengar. Bagainana aku terus maju kalau aku menutup mata dan telingaku?


Aku bahkan tak cukup keberanian untuk sekedar membuka mataku melihat dunia, yang dimataku tiada batasnya.
Semua kawanku tak lagi di sisiku,  aku seperti sendiri sekarang,  engkaupun jauh mama. Tapi tak perlu khawatir.


Ada seorang lelaki yang bertanggung jawab atas diriku. Dia mengisi hariku yang kosong dengan kasih sayang. Walalu tak seperti dirimu, tapi dia cukup kau percaya untuk menjagaku. Aku sendiri saat dia harus pergi tapi dia senantiasa menjagaku sekalipun dia jauh.
Aku bisa sendiri untuk saat ini,  tapi aku tak yakin esok. Semua masih begitu kelabu dan misterius dimataku. 

Komentar

Kamu akan suka ini.

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi

Kandungan dan Manfaat Daun kemangi Kemangi Siapa sih yang nggak tau tanaman yang satu ini kadang kita juga membudidayakannya ya disekitar rumah, bisa buat hiasan juga jadi lebih hijau. Taukah kalian tanaman ini mempuyai banyak manfaat salah satunya nih menghilangkan bau badan, saat ini saya mau membahas beberapa manfaat dari tumbuhan kemangi. Mengutip dari wikipedia.com ,kemangi adalah terna kecil yang daunnya bisa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya yang khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu untuk  Membuat Pepes Kemangi itu mempunyai nama ilmiah "Ocimum XCitriodorum"   yang merupakan hibrida antara dua spesies  selasih, Ocimum basilicum  dan O.americanum  ia juga dikenal sebagai O.Basilicum Var.Anisatum benth. Tumbuhan ini dapat tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Kemangi berkembangbiak dengan biji. Bijinya kecil dan hitam saat sudah tua. Kalau saya menyebutnya selasih,  biasa dimanf

Manfaat Daun Katuk Sebagai Pelancar Asi dan Dampak Negatifnya

Daun katuk mempunyai nama ilmiah "Sauropus Androgynus",    merupakan tanaman sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara, tanaman yang banyak kita jumpai di pekarangan rumah kita ini di percaya dapat meningkatkan produktifitas asi loh! Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI tahun 2004 yang menunjukan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3x 200mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi asi dibandingkan dengan ibu menyusui dengan tidak diberi ekstrak daun katuk. Penelitian ini dilakukan oleh 96 ibu menyusui yang dibagi kedalam dua kelompok, dan kelompok ibu menyusui yang diberi ekstrak daun katuk  dapat memproduksi asi 50,7% lebih banyak dibandingkan yang tidak diberi ekstrak daun katuk. Daun katuk mengandung Karbohidrat, protein, vitamin(A, B1,C) thianin, mineral(kalsium,fosfor dan zat besi), tanin havonoid, saponin, alkaloid  papaverin, steroi

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang sangat mudah kita jumpai di sekitar kita ya,  karena memang buah ini sangat mudah untuk ditanam. Pohon pisang sering juga pohon seribu guna karena dari batang daun dan buahnya dapat dimanfaatkan. Menurut wikipedia  pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya( Musa Acuminata, Musa Babisiana, Musa xparadisiaca). Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupaka sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutama kalium. Pusat keragaman utama pisang terletak disaerah MALESIA (A sia tenggara, Papua, dan Australia tropika). Pusat keberagaman minoritas juga terdapat di Afrika tropis. Tanaman ini menyukai iklim tropis panas dan lembab terutama datar